GuidePedia

0

Dari Abi Hurairah. Rasulullah bersabda,
Yang artinya :“Hak kewajiban seorang muslim atas muslim lainnya ada lima, pertama menjawab salam, kedua menjenguk yang sakit, Ketiga mengantar jenazah, keempat memenuhi undangan, kelima mendo’akan orang yang bersin.” (Muttafaqun ‘Alaih)

1. Menjawab salam
Salam merupakan doa seorang Muslim kepada Muslim lainnya, jika ada seseorang yang mengucapkan salam kepada kita berati ia sedang mendo’akan kita, maka dari itu kita yang mendengarnya juga harus membalas mendo’akan dengan menjawab salam kepada si pemberi salam. Kalau mengucap salam adalah sunnah, maka menjawabnya adalah sebuah kewajiban.

2. Menjenguk Orang Yang Sakit
Islam mensyariatkan pemeluknya untuk menjenguk saudaranya ketika mereka sedang sakit, karena diharapkan dengan demikian secara mental saudara mereka yang sakit akan lebih kuat, dan barangkali dengan perantara do’anya akan jadi kesembuhan bagi penyakit yang diderita. Dengan menjenguk orang yang sedang sakit, maka kita juga akan lebih mempererat tali silaturahmi.

3. Mengurus jenazah
Ini merupakan bentuk penghormatan terakhir setiap Muslim kepada saudaranya yang sudah meninggal. Syariat Islam sangat menganjurkan umatnya untuk mengurusi jenazah saudaranya yang telah meninggal dunia, mulai dari memandikan, mengkafani, mensholati hingga menguburkannya.

4. Memenuhi Undangan
Apabila mendapat undangan, hendaknya bagi setiap muslim untuk menghadirinya.Dengan kita hadir/memenuhi undangan tersebut, berarti kita telah menghormati orang yang memberi undangan (orang yang mengundang).

Serta akan lebih memperkuat dan mempererat hubungan persaudaran antara Muslim satu dengan yang lain.

5. Mendoakan Orang Yang Bersin
Disunnahkan untuk orang yang bersin mengucap hamdalah (Alhamdulillah) sebagai ucapan syukur atas karunia Allah kepadanya.

Muslim yang mendengarkannya dianjurkan mengucap “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu)..

Kemudian orang yang bersin tadi disunahkan membalas pula dengan do’a “yahdikumullah“(semoga Allah memberimu petunjuk).

Bukankah indah luar biasa, jika setiap Muslim dapat saling memenuhi kewajibannya kepada saudara-saudaranya.


DPU Daarut Tauhiid :

BB : DPUDTBGR / 2ABEE8EF,

Whatsapp  : 082319000200

IG : @peduliBerbagi

Line : Klik http://bit.ly/peduliBerbagi

Posting Komentar

 
Top