GuidePedia

0





Bantu Pembangunan Masjid di Kampung Mualaf


Balemanggu adalah sebuah perkampungan kecil yang terletak di Desa Pakemitankidul Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah penduduk 71 orang. Dahulu mereka belum menganut agama Islam. Namun seiring dengan berkembangnya dakwah Islam, sejak tahun 1946, satu persatu warga mulai memeluk agama Rahmatan lil Alamin ini. Sampai saat ini hanya tinggal 3 kepala keluarga lagi yang belum mendapat taufik dan hidayah dari Allah SWT.
Dalam hal ini penduduk Balemanggu kebanyakan berstatus mualaf yang masih perlu bantuan, pembinaan, serta perhatian dari seluruh kaum muslimin. Untuk mendukung pembinaan akidah dan semangat beribadah, pada tahun 1985 warga secara bergotong royong warga membangun sebuah musholla diatas tanah wakaf yang berukuran 4x6 Meter. Musholla ini menjadi sentral kegiatan keislaman di kampung ini. Selain sholat berjamaah secara rutin juga dilaksanakan pengajian dan pembinaan anak-anak.
Semakin dengan bertambahnya jumlah penduduk dan umat Islam di Kampung Balemanggu, musholla tersebut sudah tidak bisa lagi menampung lagi jamaah. Disamping itu karena sudah dimakan usia, kayu dan bagian atapnya sudah rusak dan mendesak untuk segera dilakukan perbaikan.
Mengingat pertumbuhan kesadaran warga terhadap fungsi dan peran masjid sebagai benteng utama akidah dan akhlak masyarakat serta kesadaran akan tersedianya masjid yang luas dan repsentatif, kami bermaksud untuk melaksanakan rencana renovasi dan perluasan Musholla Baabussalam.
Luas Musholla Baabussalam yang selanjutnya akan berganti nama menjadi Masjid At Tauhiid ini yaitu 50 M2. Biaya per meternya berjumlah Rp 1.500.000 sehingga dana yang diperlukan untuk renovasi masjid sekitar Rp 75.000.000.
Semoga niat kami ini untuk merenovasi masjid ini senantiasa mendapatkan bimbingan dan kemudahan dari Allah SWT. Aamiin.
Diantara sebaik-baik perbekalan tersebut adalah, dengan membangun masjid. Tempat terpancar syiar Islam dan iman, kebersamaan kaum muslimin dalam sholat jamaĆ¢€™ah, tempat untuk mengagungkan nama Allah dalam sujud dan rukuĆ¢€™, madrasah bagi kaum muslimin; dengan majlis-majlis ilmu di dalamnya.
Alangkah besar pahala orang yang turut andil membangunnya. Ia menjadi sebab tercapainya amalan-amalan agung. Amalannya dicatat sebagai sedekah jariyah, yang pahalanya terus mengalir, meski ia sudah tinggal di alam kubur.
Rasulullah SAW bersabda: "barang siapa yang dapat menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesusahannya kelak di akhiratnya, dan barang siapa yang merasahasiakan keburukan orang islam, niscaya Allah akan menutup segala keburukannya di dunia dan di akhiratnya; Dan Allah akan selalu menolong hambanya, selama hambanya itu senantiasa memberikan bantuan kepada saudaranya."(HR. Turmudzi)
DPU DT menggugah kepedulian bersama untuk membangun kembali Masjid kita, Masjid At Tauhiid






Lembaga Amil Zakat Nasional DPU DT
SK. MENTERI AGAMA RI NO. 257 TAHUN 2016
www.dpudt.org
0851 0001 7002

Posting Komentar

 
Top