GuidePedia

0


 Tidak ada satu tarikan nafas pun tanpa seizin Allah. Begitu halnya dengan musibah, tidak ada suatu kejadian tanpa kehendak-Nya.. Diakhir tahun ini kerap terjadi musibah seperti, kecelakaan pesawat, gempa, longsor, gelombang tsunami, dll. Bagi kita kejadian tersebut sesuatu yang menyengsarakan, membuat panik bahkan kita kategorikan kiamat. Padahal, Allah tidak semata-mata mendatangkan musibah kalau memang tidak sesuai dengan kesanggupan hamba-Nya dan allah juga tidak semata-mata mendatangkan petaka jika tidak ada hikmah dibalik kehendaknya Tinggal sekarang, sejauhmana kita memetik hikmah disetiap kejadian?

Kita harus semakin yakin bahwa segala sesuatu ada hikmah tersembunyi. Termasuk musibah di Aceh yang menewaskan ribuan jiwa juga di Srilangka dan Thailand.  Kita tidak cukup hanya dengan pilu,bersedih hati, melihat kejadian tersebut. Tetapi perubahan apa yang akan terjadi pada diri menyaksikan semua itu. Keberunungan kita adalah  bagaimana menjadikan setiap kejadian sebagai input yang dapat merubah keadaan ke arah yang lebih baik. Dari musibah tersebut, ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil di antaranya kita semakin sadar bahwa kita lemah, tidak berdaya hanya dengan kekuatan 4,7 Skala Ritcher (SR) mampu menggelimangkan ribuan jiwa.. Dan, dengan menyaksikan musibah tersebut,  bisa menghidupkan hati nurani sehingga lebih peka, peduli terhadap sesama. 

Ada dua bentuk musibah. Musibah bisa berarti azab Allah, mungkin juga ujian Allah. Azab atau sikasaan merupakan hukuman bagi orang yang lalai. Bisa jadi azab sebagai kasih sayang Allah. untuk memperingan dosanya di akhirat atau sebagai penghapus dosa terdahulu yang pernah dilakukan. Musibah dapat juga berbentuk ujian. Seruan untuk meningkatkan keimanan, kemampuan iman seseorang kepada Allah. Dan melalui ujian ini dosa seseorang dapat terampuni asalkan tabah menerimanya.”.

Semoga musibah yang dialami saudara-saudara kita di Aceh,Thailand, dan Srilangka bisa mempererat kepedulian, kepekaan kita terhadap sesama, juga teguran dari Allah bisa mengingatkan lagi akan hak saudara kita yang terabaikan  Mudah-mudahan itu mengingatkan kita bahwa semua akan binasa sehingga tidak terlena oleh keindahan dunia.

Posting Komentar

 
Top