GuidePedia

0



Ada dua semangat yang harus selalu ada dalam diri kita yaitu semangat memperbaiki diri dan semangat melakukan yang terbaik. Kedua semangat ini yang akan membawa kita pada keadaan yang lebih baik.

Orang yang semangat memperbaiki diri tak pernah dirinya kekeringan untuk mencari   ilmu. Setiap kejadian dijadikannya ilmu. Sesibuk apapun bekerja, tidak menjebaknya. Waktunya  betul-betul hemat. Setiap ada  kesempatan untuk membaca, maka dia gunakan untuk membaca. Setiap ada pelatihan yang bisa membangkitkan semangat kerjanya dia ikuti. Tak peduli berapa pun dana yang harus dikeluarkan. Dia menyadari betul bahwa ilmu lah yang akan menghantarkan dia ke arah yang lebih baik.

Semangat memperbaiki diri. Semangat ini akan menjauhkan seseorang dari pujian. Sebagus apapun pujian, lewat begitu saja. Pujian seorang atasan kepada bawahannya, misalnya. Tidak menjadikan sang karyawan terlenakan. Baginya ada atau tidak ada pun pujian, tidak mempengaruhi kinerjanya. Lain halnya ketika datang kritikan. Begitu peka. Karena itu yang menjadi sarana untuk terus berbuat baik. Bahkan dirinya tidak pernah sungkan untuk bertanya kekurangan diri.

Orang yang bersemangat memperbaiki diri, semangatnya akan menular ke teman yang ada didekatnya. Karena semangatnya datang dari kekuatan ruhiyah. Sehingga kehadirannya bisa memotivasi temannya yang lagi malas. Idenya yang cemerlang menjadi rujukan besar.

      Dengan semangat memperbaiki diri ini, kita akan mampu berbuat lebih baik. Lingkungan sekitar kita, tempat kita beraktivitas pun sedikit banyak akan terimbas pula menjadi lingkungan yang lebih baik. Mudah-mudahan Allah senantiasa memudahkan, memampukan kita untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik dari sebelumnya. Amiin.

Posting Komentar

 
Top