GuidePedia

0


Terkadang kita beranggapan bahwa uang satu-satunya jalan untuk membuktikan kepedulian kepada orang lain. Di saat ada pengamen, tanpa beban kita keluarkan uang recehan. Ketika ada yang meminjam uang, serta merta kita pinjamkan. Itupun kalau ada. Dan, di saat ada anak tetangga menangis minta makan, kita berikan lembaran uang. Namun, jika tidak ada uang, tidak ada yang bisa disumbangkan. Padahal, sesungguhnya, uang bukanlah satu-satunya cara untuk berbagi. Ada cara lain yang bernilai tinggi  di antaranya dengan memberi apa yang kita punya.

Lalu, apa saja yang bisa kita berikan? Di antaranya: pertama, pangan atau makanan. Sebagai contoh di Bulan Ramadhan sekarang. Kondisi keuangan pas-pasan. Karena tidak ada untuk diinfakan kita diam, sementara di rumah jatah makanan untuk satu bulan sudah dipersiapkan. Kenapa kita tidak memberikan sebagian makanan yang kita punya. Dengan memberi kita tetap akan mendapat pahala. Bahkan beberapa kali lipat. Pun ketika kita mendengar di televisi terjadi gempa. Kenapa kita tidak memberikan yang ada dirumah seperti pakaian, pakaian, dan lainnya yang sekiranya membantu mereka. ..

Selain berupa makanan, juga perhatian atau doa. Misalnya ada seseorang yang terlilit hutang. Karena uang di dompet tinggal segitu-gitunya, kita cukup bilang “tidak punya”. Kenapa kita tidak mengusahakannya dengan menjual barang yang kita miliki, misalnya, atau meminjam dari teman atau saudara yang sekiranya ada.  Atau jika tidak ada usaha sama sekali kita turut mendoakannya.

Bisa juga dengan bantuan fisik. Diantaranya membantu orang buta yang mau menyebrang, membantu DKM membagikan ta’jil, menyingkirkan duri di jalan, mengajarkan orang lain yang belum lancar membaca quran, dan lain sebagainya. Bahkan ada yang lebih mudah dan murah dan dipastikan semua orang sanggup melakukannya yaitu memberi senyuman. Jangan dikira, senyuman hanya sekadar pemanis. Senyum selain menyehatkan juga secara tidak langsung memberi kebahagiaan pada orang lain. Karena tidak sedikit orang yang hilang beban hidupnya tatkala bertemu dengan orang yang tersenyum.

Dengan demikian saudaraku, tidak ada alasan untuk tidak berbagi. Jangan sampai karena tidak ada uang, tidak memberi. Berilah apa yang kamu punya, niscaya Allah tidak akan menyia-nyiakannya.  Wallahu ‘alam bishshawwab.

Posting Komentar

 
Top