GuidePedia

0


Semoga kita tergolong orang yang mampu mengendalikan diri. Karena kegagalan, kehinaan dimiliki oleh orang yang tidak bisa mengendalikan diri dengan baik. Orang yang emosional mudah terpancing, mudah berreaksi. Orang yang reaktif tidak dengan perhitungan yang cermat bukannya memperingan masalah malah akan mempersulit masalah. Rosul panutan pengendali emosi, pengendali amarah, pengendali lisan. Sehingga efektif dalam berbagai keadaan.

Siapa pun yang bercita-cita menjadikan kesuksesan sebagai tujuan diperlukan keterampilan untuk mengendalikan diri. Beberapa hal yang perlu dikendalikan di antaranya keinginan. Apakah yang kita inginkan sesuai dengan yang diinginkan Allah? Jangan sampai apa yang kita inginkan bersebrangan dengan yang Allah sukai. Dan, apakah cara yang kita tempuh sudah sesuai dengan cara yang Allah benarkan? Seandainya keinginan dan cara kita sesuai dengan syara maka bertawakal-lah, serahkan semua keinginan kepada Allah. Andai baik menurut Allah, maka akan terjadi dan tidak baik maka tidak akan terjadi. Keinginan harus dijaga dengan hati-hati karena orang yang tidak pandai mengendalikan diri akan diperbudak oleh keinginan.

Selain mengendalikan keinginan, kita pun dituntut untuk bisa mengendalikan amarah, nafsu. Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari-Muslim Rasululloh berulang kali menyeru ummatnya untuk tidak mudah marah. “Janganlah engkau  mudah marah”. Sesungguhnya orang yang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan nafsunya ketika marah. Jangan biarkan persaudaraan, keakraban, terputus karenanya.

Hal lain kita dituntut untuk bisa mengendalikan lisan. Jangan berbicara kecuali perkataan kita betul-betul terjamin kebenarannya, tepat situasi dan kondisinya, tidak menyakiti, dan bermanfaat bagi siapa pun. Oleh Karena itu, berpikir jernih. Perbanyak ilmu dari pada bicara yang tak berguna  dan kendalikan lisan. Rosul menjanjikan kebahagiaan dunia dan akhirat bagi orang yang pandai menjaga lisannya.

Semoga Allah yang Maha Pengendali bisa mengendalikan hati dan gerak langkah kita sehingga apa yang kita inginkan, harapkan berada dalam ridhoi-Nya. Amiin.

Posting Komentar

 
Top